Pagar Perkalian
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Hudoyo (1979:96) mengemukakan bahwa
hakikat matematika berkenan dengan ide-ide, struktur- struktur dan
hubungan-hubungannya yang diatur menurut urutan yang logis. Jadi matematika
berkenaan dengan konsep-konsep yang abstrak. Sebuah kasus misalnya, Jika kita menemukan kasus perkalian, kita lebih
condong menghitungnya secara vertikal (cara biasa). Cara kreatif kurang
digunakan karena beranggapan waktunya justru lebih lama. Bahkan dalam
menghitung operasi perkalian ratusan yang tergolong sangat banyak sekali bagi
siswa-siswi yang masih duduk dibangku SD dan SMP sekalipun kesulitan untuk
menentukan hasilnya. Oleh karena itu, disini alat peraga berupa pagar perkalian
ini sangat membantu sekali dalam menyelesaikan permasalahan khususnya pada
operasi perkalian yang pada konsepnya menggunakan pendekatan penjumlahan.
Selain itu, sekolah
dasar merupakan tempat pembelajaran awal yang menentukan bagaimana seorang
peserta didik mengenal konsep-konsep dasar matematika yang selanjutnya akan di
perkuat pada jenjang selanjutnya yaitu sekolah menengah pertama. Pada jenjang
inilah siswa sangat dituntut untuk memahami konsep-konsep dasar pembelajaran
matematika sebagai modal nantinya untuk menghadapi pendalaman materi pada tingkatan
selanjutnya sampai menempuh pendidikan di perguruan tinggi.
Berdasarkan uraian
diatas, penulis sangat tertarik untuk membuat alat peraga pagar pekalian ini,
yang sekiranya dapat membantu siswa dalam menyelesaiakan soal-soal yang
berkaitan dengan operasi perkalian bilangan khususnya bilangan asli.
Selengkapnya bisa di download di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mohon komentar dengan baik yang dapat membangun blog ini ! Jazakallah. .