• Workshop Matematika, Manual Book, Pagar Perkalian


    Pagar Perkalian



    PENDAHULUAN

    A.    Latar Belakang
    Hudoyo (1979:96) mengemukakan bahwa hakikat matematika berkenan dengan ide-ide, struktur- struktur dan hubungan-hubungannya yang diatur menurut urutan yang logis. Jadi matematika berkenaan dengan konsep-konsep yang abstrak. Sebuah kasus misalnya, Jika kita menemukan kasus perkalian, kita lebih condong menghitungnya secara vertikal (cara biasa). Cara kreatif kurang digunakan karena beranggapan waktunya justru lebih lama. Bahkan dalam menghitung operasi perkalian ratusan yang tergolong sangat banyak sekali bagi siswa-siswi yang masih duduk dibangku SD dan SMP sekalipun kesulitan untuk menentukan hasilnya. Oleh karena itu, disini alat peraga berupa pagar perkalian ini sangat membantu sekali dalam menyelesaikan permasalahan khususnya pada operasi perkalian yang pada konsepnya menggunakan pendekatan penjumlahan.
    Selain itu, sekolah dasar merupakan tempat pembelajaran awal yang menentukan bagaimana seorang peserta didik mengenal konsep-konsep dasar matematika yang selanjutnya akan di perkuat pada jenjang selanjutnya yaitu sekolah menengah pertama. Pada jenjang inilah siswa sangat dituntut untuk memahami konsep-konsep dasar pembelajaran matematika sebagai modal nantinya untuk menghadapi pendalaman materi pada tingkatan selanjutnya sampai menempuh pendidikan di perguruan tinggi.
    Berdasarkan uraian diatas, penulis sangat tertarik untuk membuat alat peraga pagar pekalian ini, yang sekiranya dapat membantu siswa dalam menyelesaiakan soal-soal yang berkaitan dengan operasi perkalian bilangan khususnya bilangan asli.

     Selengkapnya bisa di download di sini
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Mohon komentar dengan baik yang dapat membangun blog ini ! Jazakallah. .