• Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW


    MAULID NABI MUHAMMAD SAW
    Salam persahabatan untuk anda yang selalu setia mampir di blog sederhana ini, semoga bermanfaat. Kata maulid Nabi sudah tidak asing lagi kita dengar khususnya bagi umat beliau yaitu kaum muslimin dan muslimat di seluruh penjuru dunia. Namun tidak salah jika kita mengenal lebih dalam lagi tentang makna dari kata maulid tersebut, serta bagaimana cara perayaan maulid Nabi yang tidak keluar dari garis-garis alqur’an dan al-hadits.
    1.      Pengertian Maulid Nabi SAW
    Kata Maulid Nabi atau Maulud saja dalam bahasa arabnya : مولد النبي‎, mawlid an-nabī), adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad dalam bahasa arab berarti hari lahir.
    Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad.[1] Sebagaimana sabda rasulallah SAW :
    فيه ولدت وفيه أُنزل عليَّ
    “Itu adalah hari kelahiranku dan hari diturunkan wahyu atasku”.(H.R. Muslim)

    Hadis ini tersebut dalam kitab Shaheh Muslim jilid 2 hal 819. Hadist inilah yang menjadi landasan kuat untuk pelaksanaan maulid walaupun dengan cara yang berbeda bukan dengan berpuasa seperti Rasululah melainkan dengan memyediakan makanan dan berzikir dan bershalawat, namun ada titik temunya yaitu mensyukuri kelahiran Rasulullah saw. Imam As Sayuthy menjadikan hadis ini sebagai landasan dibolehkan melaksanakn maulid Nabi.


    2.      Ragam Perayaan Maulid Nabi SAW
    Maulid Nabi dirayakan sesuai dengan adat kebiasaan masing-masing tempat, sebut saja perayaan maulid yang dilakukan di daerah Lombok NTB, sebagian besar dari penduduknya merayakan maulid Nabi dengan dua tahap yaitu di masjid dan dirumah masing-masing dengan cara menyuguhkan makanan kepada sanak keluarga, kerabat, dan seluruh tamu undangannya. Hal yang demikian merupakan wujud dari rasa kegembiraan semua umat islam atas kelahiran sang Pejuang Islam yang gagah berani yaitu Nabi Muhammad SAW.

    3.      Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW
    Segala sesuatu yang kita lakukan di dunia ini memiliki hikmah, itulah indahnya islam yang selalu mengajarkan untuk berfikir positif atas apa yang di karuniakan oleh Allah SWT. Salah satu hikmah dari perayaan maulid Nabi ini adalah terjalinnya sillaturrahmi yang kuat dengan sesama saudara seiman, bersedekah, dan mengingat akan lahirnya pejuang islam Nabi Muhammad SAW.

    Barangkali sampai disni dulu cuap-cuapnya mengenai perayaan maulid Nabi, kita jumpa lagi di episode selanjutnya ya kawan..sukses selalu!


    [1] http://id.wikipedia.org/wiki/Maulid_Nabi_Muhammad

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Mohon komentar dengan baik yang dapat membangun blog ini ! Jazakallah. .